Posted By: potensilampung, 1:03 pm, 17 Februari 2020

Menggali Potensi Wisata Air Terjun Curug Lestari di Kampung Kota Batu, Pubian

Potensilampung, Tengah – Kampung Kota Batu, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, dengan jumlah kurang lebih 4000 an jiwa yang memiliki 836 kepala keluarga, dimana masyarakatnya mayoritas petani, berkebun dan peternak.

Kampung Kota Batu, rupanya memiliki air terjun Curug Lestari potensi wisata yang sangat indah perbatasan kawasan hutan lindung register 39 Kota Agung Utara.

Klaim ini bukan sekadar di atas kertas, tetapi sudah dibuktikan melalui observasi dan ekspedisi yang dilakukan Paguyuban Jurnalis Lampung Tengah (PJLT), Minggu (15/20).

PJLT ini melakukan penyisiran di objek wisata di Kampung Kota Batu yang belum diketahui publik. Salah satu destinasi wisata yang berhasil disambangi adalah Air Terjun Curug Lestari yang lokasinya cukup tersembunyi. 

Untuk sampai ke tempat tersebut, dibutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan, yakni berkendara roda empat dari Gunungsugih atau Bandarlampung memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sebelum tiba di lokasi, Tim PJLT menyisiri medan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Sampai di pos Pokdarwis, tim harus melewati medan yang cukup menantang dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua.

Tim ini juga harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan cukup menanjak serta beberapa kali. Tim PJLT tiba di lokasi air terjun dengan wajah-wajah yang cukup melelahkan. Namun, wajah-wajah lelah itu terbayar oleh pemandangan air terjun yang sangat indah.

Air Terjun Curug Lestari  merupakan air yang mengalir dari hulu sungai way pelus, sehingga airnya masih  sangat jernih.

Disekitar dinding tebing tumbuh tanaman kecil-kecil dan berbagai jenis Pohon yang membuat tebing tampak hijau dan segar. Jika memperhatikan Alam sekitar tempat ini benar-benar tenang dan Sunyi. Hanya terdengar suara gemercik air yang mengalir yang sumbernya.

“Air Terjun Curug Lestari mempunyai tinggi 25 meter, dengan debit air yang tidak terlalu ekstrim, sehingga sangat memanjakan mata pengunjung. Tentu saja dengan air yang jernih membuat kita yang melihatnya ingin segera menikmati sensasi air terjun ini,” kata Kepala Kampung Kota Batu, Sokino saat mendamping Tim PJLT.

Sokino mengatakan, Pengelolaan Wisata dikelola yang bernama Pokdarwis saat mendampingi PJLT melakukan observasi di Kampung Kota Batu dalam rangka mengetahui bagaimana segmentasi pasar dan target-target wisatawan yang nantinya akan berkunjung ke objek wisata tersebut.

“Kita ingin jadikan air terjun ini sebagai objek wisata baru di Lampung Tengah,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Sokino, mengungkapkan, sejak akhir 2019 mulai meningkat wisatawan yang mengunjungi air terjun ini. Karena keindahan alam dan kondisi yang sangat jernih serta sejuk membuat banyak orang terhipnotis untuk mengunjungi air terjun tersebut, yang memukau memanjakan mata.

“Keberadaan air terjun ini, selain memikat pengunjung juga merupakan aset Kampung Kota Batu yang diharapkan sentuhan tangan dari pemerintah terkait, agar air terjun Curug Lestari  semakin dikenal kalangan masyarakat luas,”pungkasnya.(rin)

Pengunjung

Bagikan:

Berita Terkait

Komentar Pembaca

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments