Posted By: potensilampung, 1:24 pm, 29 Juni 2016

Tips Startup : Trik Memikat Investor

8c4ffe1b-087c-4607-a3c2-fdad976a1fc1_169Jakarta – Mendapatkan bantuan dari investor adalah hal yang perlu diusahakan. Memang tak mudah, namun jika startup membuat persiapan dengan baik sangat peluang menarik investor akan terbuka lebar.

Sinar Mas Digital Venture (SMDV) Mario Suntanu mengatakan ada banyak persiapan yang bisa dilakukan. Namun setidaknya, dalam catatan Mario, ada tiga hal penting yang perlu diingat startup agar mereka tampak menarik di mata investor.

“Tiga hal ini, ada dan gak ada investor, tetap penting untuk menjalankan bisnis,” kata Mario di D’Lab by SMDV, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2016).

Langkah pertama adalah memulai bisnis dengan orang-orang yang tepat, kemudian segera memulainya. Bersama orang yang tepat, akan mudah bagi seseorang memetakan rencana bisnis yang akan dinilai investor.

Seperti diketahui, investor adalah orang yang juga ingin menikmati keuntungan dari startup yang didanainya. Karenanya, saat mencoba memikat investor, sebuah startup harus bisa memberikan gambaran bisnis yang jelas serta potensinya. “Orang-orang yang tepat ini sangat penting. Investor kadang gak peduli idenya kayak apa. Yang penting adalah gambaran kasarnya sudah tepat. Mereka akan percaya tim ini kuat dan bisa melakukan aksi-aksi yang tepat saat ada kesempatan,” papar Mario.

Poin kedua adalah mengumpulkan dukungan dari orang-orang di sekitar. Dukungan ini terdiri dari tiga pihak, yakni tim, mentor dan konsumen atau pengguna jasa.

“Tim, kalau visinya bagus, banyak yang mau kerjasama kalian. Kekuatan tim harus ditunjukkan kepada investor. Kedua, mentor, orang-orang yang pernah berpengalaman. Dukungan mentor akan membuka kesempatan dan memberi contoh apa yang harus dilakukan. Terakhir pelanggan, orang-orang yang membeli atau menggunakan jasa dan produk kalian. Ini penting karena tujuan investor ketika masuk adalah bagaimana agar service ke pelanggan lebih baik lagi,” urainya.

Terakhir adalah mengkomunikasikan bisnis yang dijalani dengan baik. Seringkali startup gagal menyampaikan pesan mereka sehingga membuat investor menarik diri.

“Ketika kita ngomong harus tahu audience-nya. Karena beda audience akan beda pula pesan tersebut ditangkap lawan bicara. Jangan lupa juga untuk follow up orang yang sudah diajak bicara. Itu hal simpel, tapi memastikan message kita tersampaikan dengan baik,” tutupnya. (rns/rou)

Pengunjung

Bagikan:

Berita Terkait

Komentar Pembaca

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments